BUDAYA SEKOLAH : BERSALAMAN DAN MENGAJAK SISWA UNTUK MEMBACA SERTA MENGHAFAL JUZ AMMA




Budaya Senyum, Sapa dan Salam

Leces, 28 Agustus 2013


    Sebagai upaya pihak Sekolah  dalam mendidik siswa bukan hanya dalam bidang akademik saja Namun siswa dibekali pula dengan pendidikan karakter yang mumpuni. Untuk mewujudkan pendidikan karakter ini dengan menerapkan budaya sekolah sebagai sarana menanamkan pendidikan di SMP Negeri 1 Leces selain upaya pendidikan karakter yang sudah terintegrasi dalam pembelajaran d dalam kelas. Seperti setiap pagi para siswa/siswi selalu berjabat tangan dengan guru (piket). Menurut Kepala Sekolah  1 Leces (Drs. Wiyono) "Guru dapat memberikan teladan dengan memberikan sapaan yang ramah kepada siswa dan menegur bila ada baju atau dandanan siswa seperti rambut, ikat pinggang, sepatu bila kurang rapi atau kurang lengkap". Setelah bel masuk dibunyikan siswa berdoa bersama-sama dan membacakan Juz Amma yang di pandu oleh siswa piket di baca di bilik (ruang)  Audio sedang siswa lain menirukannya yang kontrol pelaksanaannya oleh guru yang mengajar pada Jam Pertama. Untuk hafalan juz Amma siswa diwajibkan menghafal surat-surat pendek dan akan diujikan setiap menjelang evaluasi ulangan harian, tengah semester dan ulangan semester sehingga  peserta didik akan terbiasa dan tidak mengalami kesulitan  menghafal juz Amma bila ujian sekolah praktik mata pelajaran pendidikan agama islam nantinya.

     




Sholat Jum'at di sekolah


       Penyelenggaraan sholat dhuha dan Sholat Dhuhur berjama'ah dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan sehingga budaya meramaikan tempat ibadah (masjid) di sekolah agar dapat  digunakan sebagaimana mestinya. yang di bimbing beberapat tenaga guru di Sekolah..


         Kegiatan yang wajib dilakukan oleh peserta didik pada hari Jum'at yakni untuk peserta didik putra mengikuti sholat Jum'at di sekolah sedang untuk peserta didik putri wajib mengikuti kegiatan ekstra kurikuler "keputrian" sehingga segenap peserta didik pulangnya dapat bersama-sama  jam 12.15  WIB.


         Usai pelajaran akhir peserta didik wajib untuk bersalaman dengan guru yang mengajar pada Jam terakhir sehingg hal ini dapat menumbuhkan ikatan batin maupun ikatan psikologis  yang kuat sambil guru berpesan singkat kepada siswa yang perlu perhatian khusus.






                                                                 Posted by  : Didik Soed- Oke

                                                                 Berita serupa dapat dilihat di Radar Bromo, hari Rabu

                                                                Tanggal 28 Agustus 2013  halaman 30.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas SMPN 1 Leces

MENDULANG PRESTASI PENGGALANG GUDEP SMPN 1 LECES MELALUI PERTIGALANG 3 DI WONOMERTO